Bupati Dan Wakil Bupati Mojokerto Hadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2022

MOJOKERTO – RI, Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Mojokerto tahun 2022, dr. Hj Ikfina Fahmawati, M.Si Bupati Mojokerto bersama Wabup Mojokerto H. Muhammad Al Barra, Lc. M. Hum., menghadiri kegiatan Musrenbang Kabupaten Mojokerto di Hotel Padepokan Cahaya Putra (PCP) Jalan Welirang Slepi, Ketapantame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Selasa (30/03/2021).

Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 yang diselenggarakan BAPPEDA Kabupaten Mojokerto dengan di hadiri 100 orang Peserta dan 75 orang Daring sudah mematuhi Prokes.

Sebelum acara dimulai Rombongan Forkopimda Mojokerto disambut Pentas Tarian Tunggal Selamat Datang dan Pentas Robotic Dari SMP Al – Akbar Bangsal Mojokerto.

Pada arahannya, Bupati Ikfina Fahmawati menekankan agar penguatan dan percepatan belanja Pemerintah serta belanja APB Desa, dapat menjadi stimulus yang mendorong percepatan pemulihan perekonomian, terutama penyerapan APBD 2021.

Pemerintah Kabupaten Mojokerto harus jadi Pemerintahan yang adaptif dan mampu mengadopsi berbagai perkembangan situasi obyektif Daerah. Seperti dinamika perubahan regulasi refocusing anggaran, maupun penyederhanaan Birokrasi.

Perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program, dan pemilihan program prioritas harus benar-benar dilakukan. Jangan sampai program, kegiatan dan sub kegiatan yang direncanakan untuk tahun 2022, tidak berorientasi pada manfaat bagi masyarakat. Apalagi tidak berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan.

“Dalam bekerja, kita tidak boleh lepas dari target indikator. Contohnya saat ini bisa saya sampaikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Mojokerto, ada di atas rata-rata Provinsi dan Nasional. Namun jangan sampai itu membuat kita jadi terlalu santai. Kita harus lihat juga daerah lain yang terdekat,” kata Ikfina.

Orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto tersebut juga menerangkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mojokerto mengalami kontraksi karena pandemi. Namun, masih cukup aman karena ada di urutan ke-4 terkecil se-Jawa Timur. Dari sekian banyak progres dan dinamika pembangunan yang disampaikan, Bupati Ikfina tak lupa mengingatkan PR besar Pemkab Mojokerto yakni upaya menurunkan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran terbuka, serta meningkatkan sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Pertanian kita berjalan baik dan tidak terdampak pandemi, sehingga itu bisa jadi pertimbangan dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Angka kemiskinan dan tingkat pengangguran terbuka harus diturunkan. Begitu juga dengan SPBE yang harus ditingkatkan. Tidak boleh ada yang merasa kerjanya paling bagus sendiri. Karena semuanya adalah satu kesatuan tersistem, ”tambah Bupati.

Usai Sambutan Bupati menyapa Ekonomi Kreatif yang merupakan hasil karya asli warga Mojokerto, seperti kain batik lukis Majapahit, Kopi Trawas, penggemar otomotif Slowwork sebagai perwakilan dalam acara Musrenbang.

Dianjutkan dengan foto Bersama Forkopimda di depan kendaraan stand Slowwork sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2022.

Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 di Hotel Padepokan Cahaya Putra Trawas Mojokerto dihadiri langsung Bupati Mojokerto dr. Hj. Ikfina Fahmawati, M.Si., Wabup Mojokerto H. Muhammad Al  Barraa. Lc. M. Hum., Polres Mojokerto AKBP Dony Alexander, SIK, MH, Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan, S.H., Kepala Kejaksanaan Negeri Kabupaten Mojokerto Gaos Wicaksono. SH MH., Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Hj. Ayni Zuroh. S.E. MM., Kepala Bakorwil II  Bojonegoro Dr. Ir. Dyah Wahyu E, BAPPERPROV Jatim Andriasih S, Komisi I dan II DPRD Kabupaten Mojokerto, Pj Sekda Mojokerto DR. H. Didik Chusnul Yakin, S Sos. M.Si., Para Kepala OPD Kabupaten Mojokerto, Para Camat se – Kabupaten Mojokerto, LSM (Perhuttani, Lembaga Darma Pertiwi, Wani, LP2N, Pertani, LMKK, LMP3, Modjokerto Watch, Unsur Masyarakat (Forum Kotaku, Forum Pamsimas, Forum Kabupaten Sehat, Kampung Organik Brenjong, Forum Anak Majapahit), Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto KH. Abdul Adzin Alawy. (HNH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *