Peringatan Hari Lingkungan Hidup International, ASC Fundation Bersama Forkopimda Giat Tebar Benih Ikan

MOJOKERTO – RI, ASC Foundation Bersama Forkopimda melaksanakan kegiatan pelepasan 129 ribu benih ikan di berbagai Wilayah Sungai khususnya di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

Beberapa Desa diantaranya, Desa Made, Desa Padusan, Desa Petak, dan Desa Pandan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto berlangsung secara  kondusif dan mengikuti Protokol Kesehatan, Sabtu (05/06/2021).

Prof. Kyai H Asep Syaifudin Chalim mengatakan, program kita untuk bersih-bersih Sungai dikarenakan kita punya keinginan besar agar Sungai kita ini yang mengalir di Mojokerto,  dari Selatan ke Utara itu bisa diminum airnya dan bisa diambil ikannya.

“Dan mohon maaf  bahwa ikan ini akan segera ditebarkan kemudian akan dijaga dan dikawal oleh Perangkat – perangkat Desa dari 20 Kepala Desa, disampaikan pula agar Sungai ini tidak boleh dikotori, tidak boleh membuang sampah di Sungai, tidak boleh menggunakan jala, tidak boleh menggunakan bom/potas, dan hanya boleh dipancing / ditangkap dengan  menggunakan tangan ini Insya Allah akan berlangsung lama nantinya, dan bisa jadi sepanjang masa,” ungkap Prof. Dr. KH. Asep Syaifudin Chalim, MA, selaku Pengurus Pondok Pesantren dan Pendiri ASC Foundation.

“Dan kita akan juga bertekat nanti setiap tahun agar benar-benar banyak ikan itu dan juga bisa memberikan harapan pada masyarakat untuk bisa mengolah ikan tersebut, Insya Allah ini yang pertama akan berlanjut untuk menebarkan benih ikan ke Sungai-sungai lainnya, dengan demikian masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik,” imbuhnya.

Dana kegiatan tersebut murni dari ASC Foundation sendiri tidak ada campur tangan dari Pemerintah mengadakan giat yaitu membersihkan Sungai dan tebar benih ikan.

Dalam rangka memperingati Hari Ekosistem Alam atau yang bisa disebut Hari Lingkungan Hidup Internasional kemudian kondisi alam di Kabupaten Mojokerto bisa terawat dengan baik.

Dengan adanya tebar benih ikan dan membersihkan Sungai kita membuat Perdes – perdes yang sudah disepakati oleh Kepala Desa dengan tujuan membantu Pemerintah Kabupaten Mojokerto agar bersih dari Open Defection Free (ODF) dengan begitu Peraturan-peraturan yang ada di seluruh Desa tersebut berjalan dengan baik.

“Sementara itu, ‘Mohammad Albarra Lc.M.Hum’ selaku Wakil Bupati dan Ketua ASC  Foundation berharap kepada Masyarakat Pacet khususnya agar bisa merawat dan perlu adakan pengawasan agar benih yang kita tebar tidak punah dan bisa dinikmati oleh baik masyarakat setempat maupun masyarakat yang lain,” tutupnya. (Bams)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *