Pusat Unggulan SMKN 2 Tuban

TUBAN – RI, SMKN 2 Tuban sebagai salah satu sekolah yang bergerak di bidang pariwisata, saat ini banyak program sekolah yang telah dan akan kami laksanakan, diantaranya pembentukan kelas industri di kompetensi keahlian Tata boga, Tata Busana, Bisnis Daring dan Pemasaran.

Pada tahun 2022 saja telah terlaksana berbagai kegiatan dari program sekolah diantaranya Program Kewirausahaan Yaitu program yang dicanangkan dengan tujuan dapat mencetak enterprenuer muda dari sekolah ini.

Dari tujuan tersebut sekolah mengadakan kerjasama dengan PT Ciputra Development, Tbk. Dalam kprogram ini di tempuh selama 3 tahun dengan kegiatan pelatihan dan pembimbingan tentang kewirausahaan, mulai dari Pelatihan siswa dan guru dalam merancang sebuah usaha atau bisnis, sekolah akan mengangkat kekayaan lokal daerah seperti cookies gayam, pie siwalan, dawet kibel, surbet pepaya. Ada 4 orang anak yang dilatih pada spesialisasi minuman, 4 anak lagi di latih pada spesialisasi makanan, harapanya ini dapat sebagai motivasi dan semangat siswa, sehingga dapat menularkan ilmu dan pengalamannya pada teman dan generasi berikutnya.

Siswa dan guru diajarkan cara pembuatan produknya, standar resep, pemasaran, hingga perizinan usaha, Hak paten, dan sertifikasi halal untuk produk yang akan di pasarkan, selaiin itu juga ada pemberian motivasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Magang untuk kelas Industri yaitu sebuah kelas yang di bentuk dan sistem pengajarannya telah disingkronkan dengan industri yaitu ada program keahlian Bisnis daring dan pemasaran dengan durasi magang 1 tahun dan akan langsung direkrut oleh PT Sumber Alfaria Tri Jaya, Tbk.

Setelah lulus dari sekolah. Siswa akan ditempatkan di toko Alfamart di jawa timur dan jawa tengah.

Untuk proses awal di tahun ajaran baru kami telah mengadakan seleksi pada siswa yang akan masuk pada kelas iindustri Alfamart class sesuai dengan standart yang dipersyaratkan, mulai dari fisik, tinggi badan, berat badan, umur kematangan, pengetahuan, psikotes, kesehatan dan interview serta tentu saja komitmen dari siswa dan orang tua sebagai pendukung tercapainya program ini.

Selain itu kami juga telah melakukan sosialisasi program alfamart class melalui pertemuan resmi dengan orang tua siswa.

Selain itu kompetensi keahlian Tata Boga juga pada bulan ini tengah melaksanakan pemagangan guru dan siswa di Hotel Tanjung kodok dan Hotel Mercure Grand Mirama surabaya.

Untuk guru magang dilaksanakan selama 1 bulan penuh dan untuk siswa dilaksanakan selama 6 bulan penuh.

Harapannya dengan magang akan dapat mengupdate skill dan pengalaman baru yang saat ini dibutuhkan dunia industri dan dunia usaha, sehingga nantinya dapat di tularkan pada siswa di sekolah.

Adapun jumlah siswa yang mengikuti magang ini sebanyak 24 siswa yang telah melalui seleksi, 8 siswa bertempat di Tanjung kodok resort dan 16 siswa di hotel mercure grand mirama.

Dan pada tahun ini juga akan direncanakan untuk program keahlian tata busana untuk dapat bekerja sama dengan PT sritex, Tbk.

Dalam hal magang, guru tamu, up skilling, bahkan kerjasama dalam pemenuhan bahan baku, karena di sekolah kami sudah kami mulai kelas industri Tata busana yang dapat memenuhi permintaan konsumen dalam dunia fashion.

Perekrutan karyawan oleh industri melalui bursa kerja khusus SMKN 2 Tuban juga kami laksanakan agar siswa benar-benar dapat tersalurkan ke dunia kerja, terdiri dari PT BMI, PT Sumber Alfaria Tri Jaya (Alfamart), PT Dan Rilis, PT Sritex, PT JAI, PT Kayu Mebel Indonesia. (Alx)