Terjadi Laka Laut Kapal Lost Kontak KLM Kembang Kurma Di Perairan Sapeken Sumenep

SUMENEP – RI, Terjadi Laka Laut Kapal KLM KEMBANG KURMA lost hilang contak / tidak bisa di hubungi di Perairan Sapeken Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, Senin 18 Juli 2022.

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S, SH., menjelaskan kronologis kejadian pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 sekira pukul 20.00 WIB  KLM KEMBANG KURMA yang di Nahkodai oleh Abdul Karim beserta 5 ABK bertolak dari Pelabuhan Sapeken Sumenep menuju Pelabuhan Boom Banyuwangi, dimana saat 3 jam perjalanan mesin induk tiba – tiba mati di Perairan Bali.

Kemudian KLM Kembang Kurma melanjutkan perjalanan menggunakan mesin bantu, dalam melanjutkan perjalanan berselang 5 jam mesin bantu mati pada jam 11 siang, Minggu 17 Juli 2022.

Sekira masih di Perairan Bali setelah itu karena mesin tidak bisa digunakan, KLM Kembang Kurma melanjutkan berlayar menggunakan layar mengikuti arah angin menuju ke arah barat menuju perairan Banyuwangi.

Tiba diperairan Banyuwangi ABK berusaha mencari sinyal guna meminta bantuan sambil terus berjalan mengikuti arah angin.

Setelah berhasil menghubungi Saudara yang berada di Banyuwangi guna meminta bantuan, akhirnya KLM ANUGERAH 699 yang mendengar informasi tersebut di Nahkodai Saudara Saihan bertolak dari Boom menuju lokasi Klm Kembang Kurma yang sebelumnya sudah diperkirakan posisi oleh Nahkoda Klm Kembang Kurma kepada saudara yang di Banyuwangi.

Sampai akhirnya Klm Kembang Kurma diketemukan oleh Klm Anugrah 699 di perairan Pandean Banyuwangi pada titik yang sebelumnya sudah di perkirakan dari informasi Saudara Abdul Karim Nahkoda KLM Kembang Kurma, dalam keadaan Crew dan muatan lengkap dan selamat.

Pukul 18.00 WIB sore tadi (hari Senin 18 Juli 2022) KLM Kembang Kurma di tarik/ditunda oleh KLM Anugerah 699 hingga sandar di Pelabuhan Boom Banyuwangi pukul 23.45 WIB dengan selamat. (M. One – SPD/ Red Humas)