30 Ton Beras Disiapkan untuk Operasi Pasar Murah di Cimahi
PJ Walikota Cimahi H Dikdik Suratno Nugrahawan Secara simbolis memberikan beras kepada salah seorang warga Cimahi

admin@radarindonesiaonline.com
23 Sep 2023 10:54
Daerah 0 24
3 menit membaca

Cimahi, RI.- Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi bekerjasama dengan Perum Bulog Cabang Bandung menggelar Operasi Pasar beras murah yang dilakukan di 3 Kecamatan yaitu di Kecamatan Cimahi Selatan, Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.
Digelarnya Operasi Pasar Beras Murah tersebut untuk mengendalikan inflasi kenaikan harga beras Medium di wilayah Kota Cimahi, Sedangkan sasaran dari operasi pasar beras premium ini ditujukan pada masyarakat Kota Cimahi dengan syarat masyarakat kota Cimahi harus membawa KTP sesuai domisili dan maksimal pembelian 1 pack/orang.
Adapun jenis beras yang digunakan pada Operasi Pasar adalah beras medium import kemasan 5 kg dengan harga dari Bulog sebesar Rp. 10 . 600,- per kg atau Rp.53.000 per 5 kg, harga ini sudah termasuk biaya angkut (transport).
Dari harga tersebut, kemudian mendapat subsidi biaya angkut (transport) sebesar Rp. 400/kg dari Bank Indonesia. Sehingga beras dijual ke masyarakat dengan harga Rp.10.200/kg atau Rp. 51.000/5 kg nya.
Pj. Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan saat meninjau pelaksanaan Operasi Pasar beras yang digelar di area gedung Convention Hall Technopark Jalan Baros Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan mengungkapkan, Operasi Pasar beras murah ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat.
“Hari ini kita sama-sama melaksanakan operasi beras murah untuk menekan angka inflasi yang berdampak pada harga beras. Mudah mudahan dengan operasi ini, harga beras di Cimahi ini tetap stabil, dan Alhamdulillah ini terlaksana berkat bantuan dari Bulog yang In Syaa Allah ini akan kami distribusikan kepada masyarakat di Kota Cimahi,” Unngkapnya.
Lanjut Dikdik, beras yang didistribusikan oleh Bulog untuk setiap Kecamatan sebanyak 10 Ton, sehingga jumlah kuota yang disediakan untuk Operasi Pasar di 3 Kecamatan sebanyak kurang lebih 30 Ton.
“Untuk Per orang nya mendapat 1 kantong dengan berat 5 kg dengan harganya 1 kantong itu Rp 51.000, jadi jatuhnya 1 kg itu Rp 10.200, sedangkan harga dipasar saat ini sudah di kisaran Rp. 13.000,-/ 14.000, atau Rp. 17.000,- yang premiumnya,” Paparnya.
Sementara itu Kepala Cabang Perum Bulog Bandung, Erwin Budiana, Mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan 30 ton beras untuk Kota Cimahi, masing-masing Kecamatan mendapatkan 10 ton.
Menurut Erwin sampai dengan saat ini persediaan beras masih banyak di gudang sampai dengan akhir tahun ini sampai dengan musim panen berikutnya diawal tahun stok beras aman.
“Stok beras di gudang masih banyak, diperkirakan aman sampai awal tahun depan bahkan sampai panen berikutnya kita masih ada. Saya belum tahu persis tapi secara penyaluran kita akan sangat aman sampe dengan awal tahun depan, jadi gausah khawatir lah untuk stok persediaan di gudang bulog sangat aman,” katanya.
Turut Hadir dalam kegiatan Operasi Pasar beras murah ttersebut Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi Hela Haerani, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Tita Mariam, Perwakilan dari Kejaksaaan Negeri Kota Cimahi dan Kepala Cabang Perum Bulog Bandung Erwin Budiana (R. Harry KP.)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DIGITAL RI EDISI 259

DIGITAL RI EDISI 258

DIGITAL RI EDISI 257

DIGITAL RI EDISI 256

DIGITAL RI EDISI 254

DIGITAL RI EDISI 255

x
x