KPU Lakukan Pengundian Nomor Urut Pasangan Cabup dan Cawabup Probolinggo

Pom py
23 Sep 2024 19:40
Hukrim 0 34
3 menit membaca

PROBOLINGGO,RI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat pleno terbuka untuk pengundian nomor urut pasangan calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati (Cawabup) Probolinggo tahun 2024 di Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan, Senin (23/9/2024).

Rapat pleno ini diikuti oleh dua pasangan calon yang akan berkompetisi dalam Pilkada Kabupaten Probolinggo tahun 2024. Yakni pasangan dr. Mohammad Haris dan Fahmi AHZ dan pasangan Zulmi Noor Hasani dan Abd. Rasit, SE. Mereka diantarkan langsung oleh pimpinan partai politik (parpol) pengusung dan pendukung mereka.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H. Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si. beserta jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Probolinggo dan Ketua Sementara DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma.

Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo H. Samsur, Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Probolinggo.
Dalam pengundian yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Ali Wafa, pasangan Zulmi Noor Hasani dan Abd. Rasit, SE mendapatkan nomor urut 1. Sementara pasangan dr. Mohammad Haris dan Fahmi AHZ memperoleh nomor urut 2. Hasil pengundian ini menandai dimulainya tahapan kampanye Pilkada yang akan berlangsung dari tanggal 25 September hingga 24 November 2024.Setelah pengundian, kedua pasangan calon secara resmi menandatangani berita acara penetapan nomor urut bersama Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo. Momen ini juga diwarnai dengan penyampaian sambutan dari kedua pasangan calon secara bergantian. Di mana mereka mengutarakan harapan dan komitmen untuk menjalankan kampanye secara damai dan kondusif.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana menyerahkan surat perintah pengawalan pribadi (walpri) kepada kedua pasangan calon serta kepada pihak KPU dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan keselamatan dan kelancaran jalannya seluruh tahapan Pilkada.

Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H. Ugas Irwanto menyampaikan harapan besar agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan lancar, damai dan sukses. Ia menekankan pentingnya menjaga kerukunan dan kedamaian selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

“Kita semua berharap proses Pilkada ini menjadi pesta demokrasi yang membawa kebahagiaan, tanpa menimbulkan konflik atau keributan di tengah masyarakat. Mari kita menjaga kerukunan bersama,” katanya.

Lebih lanjut Pj Bupati Ugas juga menyinggung peran Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada. Sesuai dengan himbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), ASN diperbolehkan hadir dalam kegiatan kampanye, namun diharapkan bersikap pasif dan menjaga netralitas.Namun Pj Bupati Ugas menekankan khusus di Kabupaten Probolinggo, ASN diharapkan menghindari kehadiran dalam kampanye kecuali untuk kepentingan pengamanan dan pemantauan demi menghindari prasangka atau kecurigaan publik. “Saya tegaskan kembali, ASN harus netral dan tidak perlu hadir dalam kampanye. Kita ingin memastikan bahwa proses Pilkada ini berjalan dengan bersih dan transparan,” tambahnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Ali Wafa mengungkapkan KPU telah menetapkan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo pada 22 September 2024. Dengan pengundian nomor urut ini, tahapan berikutnya adalah masa kampanye yang akan berlangsung hingga November 2024.

“Kami harap pasangan calon beserta tim sukses dapat memanfaatkan masa kampanye ini untuk memasarkan visi, misi serta program-program unggulan mereka kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ali Wafa menerangkan pelaksanaan Pilkada harus tetap mengacu pada maskot Kabupaten Probolinggo Si Tengger yang melambangkan suasana “Anteng” (aman, damai dan kondusif) dan “Seger” (ceria, bahagia, dan penuh kegembiraan). Harapannya suasana Pilkada di Kabupaten Probolinggo tetap harmonis, jauh dari keributan, kebencian atau perpecahan di antara masyarakat. “Kita ingin Pilkada berlangsung dalam suasana yang gembira, riang dan penuh kedamaian. Tidak perlu ada keributan atau permusuhan di antara masyarakat,” tegasnya.Pengundian nomor urut ini merupakan salah satu tahapan penting menuju hari pemungutan suara pada 27 November 2024. “Dengan pengamanan yang diperketat dan dukungan penuh dari seluruh pihak terkait, KPU Kabupaten Probolinggo optimis bahwa Pilkada kali ini akan berjalan sukses,” pungkasnya.(suh)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DIGITAL RI EDISI 259

DIGITAL RI EDISI 258

DIGITAL RI EDISI 257

DIGITAL RI EDISI 256

DIGITAL RI EDISI 254

DIGITAL RI EDISI 255

x
x