Kasdim 0819 Pasuruan Sebagai Irup Pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila

PASURUAN – RI, Hari 1 Oktober memiliki ciri dan corak yang khusus sebagai hari bersejarah akan ketenaran, keunggulan serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang mempersatukan seluruh Negara, Bangsa dan Rakyat Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan sebagai hari nasional di Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967 dan setiap tahunnya hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober.

Pada kesempatan tahun ini Hari Kesaktian Pancasila mengunggah tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”. Sabtu, (1/10/2022).

Pada momen tersebut, sebagai benteng terakhir NKRI nampak terlihat dengan hikmad Kodim 0819 Pasuruan menggelar upacara dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila yang bertempat di lapangan Makodim Jl. Veteran No.5 Pasuruan Kota.

Sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila dijabat oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0819 Pasuruan yaitu Mayor Arh. M. Ridwan. Adapun peserta upacara diantaranya seluruh Danramil, Perwira Staf, Babinsa dari Koramil jajaran dan PNS Kodim Pasuruan.

Pembacaan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh Kapten Arm M. Yusim. Pembaca UUD 1945 Letda Arm A. Jauhari. Akhir dari pelaksanaan upacara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Koptu Soleh.

Selesai pelaksanaan upacara, saat dikonfirmasi awak media Kasdim Mayor Arh M. Ridwan mengatakan bahwa kegiatan upacara tersebut sebagai bukti perjuangan dalam menumpas dan menggagalkan penghianatan besar yang terjadi pada 30 September. Gerakan 30 September atau G30S saat itu ingin menghancurkan Pancasila.( mjb/tg Pendim 0819 Pas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.