Ratusan Personel Kodim 0815/Mojokerto Latihan Menembak

MOJOKERTO – RI, Sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Kodim 0815/Mojokerto melaksanakan tugas pokok TNI AD  difokuskan pada Binter (Pembinaan Teritorial) dalam rangka pembinaan wilayah pertahanan darat. Tugas Binter ini juga sekaligus membantu pemerintah / Pemerintah Daerah dalam mendukung proses pembangunan yang berkelanjutan.

Kendati fokus pada Tugas Binter, Kodim 0815/Mojokerto sebagai Satuan TNI AD, juga menjalankan program latihan guna membina dan melatih para prajuritnya agar tetap dalam kondisi prima, handal dan profesional. Salah satunya Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbak Jatri) Triwulan IV TA. 2022 yang berlangsung di Lapangan Pratitis SPN Polda Jatim, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (23/11/2022).

Komandan Latihan (Danlat) pada Latbak Jatri TW IV Kapten Inf Herman Hidayat menekankan tentang pentingnya faktor keamanan didalam kegiatan ini, seluruh kegiatan yang berada dilapangan tembak harus mengikuti prosedur tetap pengamanan dan arahan para Pelatih atau Pimpinan Tembak (Pinbak). “Saya minta semua fokus sehingga latihan kali ini berjalan dengan maksimal,” tegas  Danlat yang sehari-hari menjabat Danramil Bangsal.

Masih lanjutnya, menembak adalah bagian dari kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap Prajurit sejak mulai pendidikan sampai jelang pensiun. Namun demikian, tentunya  kemampuan khusus ini harus sering dilatihkan supaya tetap terasah, terbina dan terpelihara.

“Kemampuan dasar seorang Prajurit tidak boleh hilang meskipun para Prajurit telah bertugas di Teritorial atau kewilayahan,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, latihan menembak senjata ringan Triwulan IV TA. 2022 ini, berlangsung selama beberapa hari ke depan dengan melibatkan seluruh Personel Militer, dengan jarak 100 meter. Diawali tembakan koreksi dilanjutkan penilaian dengan sikap tiarap, senjata yang digunakan Senjata SS1 R5 untuk Bintara dan Tamtama serta Pistol P1 Pindad khusus para Perwira.

Tampak hadir dalam latihan ini sejumlah Perwira penyelenggara dan pendukung antara lain, Wadanlat Kapten Kav Rohyadi, Koordinator Materi Menembak Senapan Kapten Arh Suminto, Kordinator Materi Menembak Pistol Kapten Inf Slamet Utomo, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0815/Mojokerto, Tim Asnik Denpal V/2 Mojokerto dan Tim Keslap Denkesyah Mojokerto serta Provost Kodim 0815/Mojokerto. (Bams)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.