Bappeda Kabupaten Tulungagung Launcing Forum Kajian Penanggulangan Kemiskinan

admin@radarindonesiaonline.com
9 Okt 2024 18:38
2 menit membaca

TULUNGAGUNG, RI – Bappeda Kabupaten Tulungagung melalui Bidang PPM, hari ini, Senin 7 Oktober 2024 diselenggarakan kegiatan Bimtek Analisis Kebijakan dan Penyusunan Perencanaan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Bukti serta Launching Forum Kajian Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Tri Hariadi, M.Si, dengan narasumber Bapak Dr. Phil. Gabriel Lele, S.IP., M.Si dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Bappeda yang diwakili oleh Ibu Sekretaris Bappeda, mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah : 1). Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam melakukan analisis kebijakan dalam rangka percepatan penurunan kemiskinan; 2). Membangun komitmen dan kolaborasi multi pihak dalam rangka percepatan penurunan kemiskinan, dan 3). Memperkenalkan metode analisis kebijakan dan mendorong penyusunan kebijakan yang kredibel.

Peserta bimtek kurang lebih 50 orang yang berasal dari pejabat struktural, analis kebijakan dan fungsional perencana pada Bappeda dan Perangkat Daerah anggota TKPKD Kabupaten Tulungagung.Dalam sambutannya, Sekda sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bappeda ini.

Dengan kegiatan ini, diharapkan adanya peningkatan kompetensi ASN Tulungagung dalam melakukan perencanaan penganggaran penbangunan yang berbasis bukti serta meningkatkan kualitas layanan dasar dan pembangunan yang inklusif, adaptif dan berkelanjutan.

Dari data yang ada, penurunan laju kemiskinan di Tulungagung menunjukkan perlambatan dari tahun ke tahun. Dan selama 10 tahun terakhir penurunan kemiskinan di Tulungagung rata – rata sebesar 0,24 %.

Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan rata – rata penurunan kemiskinan Provinsi Jawa Timur yakni 0,25 %. Terkait dengan data kemiskinan ekstrim di Tulungagung, terus mengalami penurunan. Jika tahun 2020 tercatat 1,43 %, maka tahun 2021 tercatat 0,94%, dan pada tahun 2022 dan 2023 BPS mencatat sebesar 0% kemiskinan ekstrim di Tulungagung. Yul

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DIGITAL RI EDISI 259

DIGITAL RI EDISI 258

DIGITAL RI EDISI 257

DIGITAL RI EDISI 256

DIGITAL RI EDISI 254

DIGITAL RI EDISI 255

x
x