BABINSA Kejapanan Dampingi Bidan Desa Lakukan Tracing Contact Covid-19

PASURUAN – RI, Anggota Koramil 20/Gempol yakni Serka Abdul Rokim selaku Babinsa Kejapanan bersama Bhabinkamtibmas mendampingi Bidan Desa dan Perawat melakukan Tracing Contact kepada warga yang terkonfirmasi Covid-19.

Selain itu Sekdes Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan juga ikut mendampingi saat melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif virus Corona. Senin (15/03/21).

Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus Corona. Selama ini, para Bidan Desa dan Perawat menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Gempol untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Corona.

Akan tetapi, tidak semua warga mau menjalani Tes Swab atau Rapid Antigen guna memastikan dia terkonfirmasi positif Corona atau tidak.

Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan melibatkan TNI dan Polri dalam kegiatan tracing contact.

Menurut Serka Abdul Rokim bahwa tidak semua warga mau menerima kenyataan telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Corona. Sebagian dari mereka bahkan menolak untuk dites Swab atau Rapid Antigen.

Akan tetapi, berkat pendekatan tracing contact Covid-19 dari Aparat Tetritorial dengan memberikan edukasi dan pendekatan secara persuasif, warga akhirnya mau.

Kegiatan Tracking dan edukasi kepada warga yang dilakukan oleh Anggota dari Koramil 0819/20 Gempol terhadap orang-orang yang terkonfirmasi/kontak erat dengan warga yang Positif Covid-19 terus berjalan guna memutus mata rantai virus Covid-19. (MJB / AJT Pendim 0819 Pas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *