Penetapan Dan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa Klunjukan, Ndaru No.1

KABUPATEN PEKALONGAN – RI, Penetapan Dan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa Klunjukan kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Klunjukan Kecamatan Sragi sudah memasuki tahapan paling krusial. Senin (14/2/22), Panitia Pilkades Desa Klunjukan menggelar Rapat Pleno terbuka penetapan Calon Kepala Desa dan pengundian nomor urut Calon di Pendopo Balai Desa Klunjukan, Kecamatan Sragi.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pilkades, tiga Calon Kepala Desa, Forkopimca yaitu Camat Sragi atau yang mewakili Kapolsek atau yang mewakili, Danramil atau yang mewakili, Ketua dan Anggota BPD, LPMD, serta Tokoh Masyarakat.

Pilkades tahun 2022 kali ini Desa Klunjukan diikuti 3 Calon yakni Ciswo, Ciswanto dan Ndaru Manah. Ketiga Calon akan berkompetisi dalam ajang Pilkades serentak.

Camat Sragi dalam sambutannya mengatakan bahwa, hari ini adalah tahapan penetapan, dari bakal Calon menjadi Calon Kepala Desa, juga pengundian nomor urut Calon Kepala Desa yang akan dicantumkan pada kartu suara.

Setelah ditetapkan menjadi Calon Kades maka ada aturan yang harus ditaati oleh para Calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh Panitia.

Panitia harus melaksanakan tahapan demi tahapan Pilkades secara profesional.

Ketua penjaringan dan penyaringan Calon Kades, membacakan berita acara penetapan Bakal Calon Kades menjadi Calon Kades dan dilanjutkan penjelasan teknis tahapan pengundian nomor urut. Mekanisme pengundian ada 2 segmen, yaitu pengambilan nomor undi dan selanjutnya pengambilan nomor urut.

Untuk pengambilan nomor undi, Calon bersama-sama mengambil 1 kertas undian dan di buka bersama – sama, yang mendapatkan nomor undi kecil mendapatkan kesempatan lebih awal mengambil nomor urut, dan setelah semua Calon mengambil nomor urut, kemudian di buka secara bersama-sama

Ketua Panitia, saat memberikan pengarahan kepada ketiga Calon mengharapkan agar Pilkades Desa Klunjukan damai, tentram, tenang dan tidak ada permasalahan, dari awal, pelaksanaan sampai selesai.

Selanjutnya mengenai pembuatan tata tertib bahwa, “tata tertib kami buat hanya demi pelaksanaan Pilkades Klunjukan betul – betul bisa berjalan seiring sejalan, tidak ada satu ketimpangan antara yang satu dengan yang lain. Semoga tanggal 23 Februari 2022 nanti tepat Pemilihan Kepala Desa akan berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun serta aman dan tertib,” terangnya.

Dari ketiga Calon Kepala Desa, Ndaru Manah satu – satunya perempuan yang maju dalam Pilkades dan saat pengambilan nomor mendapatkan nomor urut 1.

Desa Klunjukan dengan jumlah pemilih 2328 jiwa, Ndaru Manah (51 tahun) Ketua Fatayat ranting alamat RT.02/RW.01 dukuh klunjukan yang terdiri dari 3 padukuhan.

Motivasi menjadi Kepala Desa ingin membangun Desa yang lebih baik, mengabdi Desa, transparan dan jujur dari rakyat untuk rakyat.

Saat ditemui Wartawan di Rumahnya, Ndaru Manah menuturkan, “Berjanji separuh bengkok dihibahkan untuk masyarakat selama 6 tahun (selama menjabat) dan iuran – iuran kegiatan keagamaan dihandel kepala desa jika nanti saya jadi Kepala Desa Klunjukan. Masyarakat tergugah untuk mengganti Kades karena selama ini ada bantuan tidak pernah dikasih hanya sebagian saja karena yang terjadi selama ini hanya yang memilih Kades sebelumnya yang dikasih tahu informasi bantuan tersebut,” ujar Ndaru.

Ndaru Manah menambahkan, “Strategi door to door ke masyarakat untuk mohon doa restu dan anjangsana. Dengan adanya Bansos yang carut marut Ndaru akan mengumpulkan Tokoh Masyarakat, Perangkat, BPD untuk memecahkan masalah tersebut. Tidak akan pilih kasih jika terpilih nanti melayani masyarakat semuanya tanpa terkecuali,” imbuh Ndaru.

Saat ditanya Wartawan apa Visi Misinya, Ndaru Manah menambahkan, “mewujudkan masyarakat Desa Klunjukan yang damai, sejahtera dan kreatif,” tambahnya.

Saat disinggung tentang sasaran apa yang hendak dicapai jika menjadi Kepala Desa, Ndaru menuturkan, ada 5 sasaran yang hendak kami kerjakan yakni;

1.Meningkatkan kualitas pertanian

2.Meningkatkan sarana prasarana pendidikan

3.Kesehatan yang merata

4.Membangun perekonomian

5.Infrastruktur yang transparan

Saat mengakhiri wawancaranya dengan Wartawan Ndaru Manah berujar, “pilih No.1 amanah, jujur, adil, transparan dan merakyat,” tutupnya. (Ifan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.